Membuat Aplikasi Location Based Service dengan android studio

Location based services adalah layanan berbasis lokasi atau istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan teknologi yang digunakan untuk menemukan lokasi perangkat yang pengguna gunakan. Layanan ini menggunakan teknologi global positioning service (GPS) dan cell-based location dari Google. Nah itulah sedikit pembahasn tentang LBS
Yang pertama yang harus di lakukan adalah menginstal Aplikasi android studio pada leptop, jika belum punya aplikasi ny bisa di download secara gratis disini. stelah di download langsung saja di instal android studio nya.  agar bisa langsung membuat aplikasi... he
oya ada yang ketinggalan sebelum menginstal adroid studio pastikan jdk sudah terinstal di leptop atau komputer sobat jika belum bisa download jdk nya disini.
okk.. stelah di instal android studio nya lalu buka dan kita akan membuat sebuah projek di android studio. ketika sudah di buka maka tampilan android studio seperti gambar di bawah ini.
Untuk langkah selanjut nya bisa ikutin tahap demi tahap di bawah ini:
1. klik star a new Android Studio Project maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini
2. lalu pilih Next  maka akan tampil halaman berikutnya, setelah itu ,
3. lalu pilih next , maka akan keluar halaman baru dan pilih  pilih Navigation Drawer Activity
Setelah itu pilih Navigation Drawer Activity lalu pilih next. maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
Lalu klick Finish. maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini
Nah sekarang kita sudah membuat sebuah projek di android studio dengan nama "Myaplication"
Pada tahap selanjut nya kita akan membuat isi dari project myaplication tersebut hingga menjadi sebuah aplikasi.
Pada tahap selanjut nya kita membuat file Xml Baru pada menu res terus pilih layout.  file xml ini berfungi untuk tampilan aplikasi /interface.
1. pada menu layout  activity_main.xml. isikan koding seperti di bawah ini. dimana activity_main.xml ini berfungsi sebagai halaman utama. langsung aja copas source code di bawah imi ya.
2. setelah itu kita buat layout baru dan berinama dengan nama list_home_item.xml. list home ini untuk menammpil kan data secara list. setelah itu tuliskan koding berikut ini.
3. Setelah itu kita buat layout baru dan berinama dengan nama listview_home.xml.list home ini untuk menammpil kan data secara list. setelah itu tuliskan coding berikut ini.
4. Setelah itu kita buat layout baru dan berinama dengan nama activity_splash_screen. activity_splash_screen ini untuk tampilan ketika aplkasi di buka. setelah itu tuliskan koding berikut ini:
5. kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama activty_lokadin_detail.xml. setelah itu tuliskan koding berikut ini.
* layout ini berfungsi untu membuat tampilan informasi detail aplikasi. 
6. kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama fragment_about.xml.setelah itu tuliskan koding berikut ini.
7.  kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama fragment_versi.setelah itu tuliskan koding berikut ini.
8.  kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama infowindows.xml setelah itu tuliskan koding berikut ini.
9.  kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama activity_maps.xml setelah itu tuliskan koding berikut ini.
10.  kemudian kita buat layout baru dan berinama dengan nama maps_info.xml setelah itu tuliskan koding berikut ini.
Nah untuk membuat layout atau tampilan aplikasi pada android studio telah selesai, utuk tahap selanjut nya kita tnggal membuat coding di bagian java, agar aplikasi ini bisa di jalan kan, ok Langsung aja kita buat di bagian java nya.
11. .  langsunga aja kiata buat folder baru untuk java nya. tapi kita buat nya di folder bagian java nya. langsung aja kita buat nama folder baru dan berinama HomeItem.java. dan langsung copy sorce code di bawah ini: 
12. selanjuat nya kita buat folder baru dan berinama AboutActivitfty.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
13 .Selanjuat nya kita buat folder baru dan berinama VersiFragment.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
14. .Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama SplashScreenActivity.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
15. Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama InfoWindows.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
16. Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama Pendeteksi_koneksi.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
17.  Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama MapsInfowindows.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
18. Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama MapsActifity.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:
19.  Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama LokadinDetailActifity.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya  seperti berikut ini:
20. Selanjuat nya kita  buat folder baru dan berinama MainActivity.java, setelah itu langsung tuliskan sorce codenya seperti berikut ini:

silahkan dowload source code lengkp nya  disini........!!!!

SEKIAN DULU DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT TERIMAKASIH ............!!!!!!!!!




Related : Membuat Aplikasi Location Based Service dengan android studio

1 Komentar untuk "Membuat Aplikasi Location Based Service dengan android studio"