Membuat Hello Word di Android Studio


Cara menampilkan hello word di android studio

Pada kesempata kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagai mana cara membuat sebuah aplikasi android dengan  android studio.. untuk pertama kita coba membuat aplikasi sederhana yaitu .. membuat tampilan helloword.  Yang pelu dipahami dalam pembuat tan aplikasi andoid adalah penempatan sourcode , dan pembuatan interface .  serta kita harus memahami tentang bahasa penmograman yang di gunakan dalam IDE android menggunakan bahasa  pemograman java.

Sebelum memasuki kedalam pembahasan pastikan dulu komputer sobat sudah jdk (java Deplomen Kit) jika belum sobat bisa download di sini.  Untuk selanjuta nya apakah android studio nya sudah di instal apa bl..  jika masih belum silahkan download disini.
Okk.... sekarang  kita coba biki aplikasi pertama menampilkan Hello word di android studio.
1. langkah pertama langsung aja sobat buka aplikasi android studio nya yang sudah di install taadi..
2.Setelah ke from android terbuka , maka untuk selanjut nya pilih saja  Start new Android Studio project. bisa di liat pada gambar di bawah ini :
3. Setelah di pilih star new android Studio maka akan keluar ttampilan Configure New Project. Kta biaas membuat konfigurasi yang akan kita buat. Mulai darinama,compani domain,project location. Setelah di konfigurasi lalu klik next. dapat dilihat di gambar di bawah ini :
keterangan gambar
 1. Application name : disini sobat semua bisa membuat nama project sesuai dengan keinginan.
 2.membuat company domain
 3. project location  disini kita bisa melihat lokasi penyimpanan aplikasi yang dibuat.

4. pada tahap ke empat akan keluar jendela Minimum SDK.Untuk sekarang ini biasanya banyak yang menggunakan API 15: Android Ice Cream Sandwich sebagai minimum SDKnya. Di Android Studio ini juga sobat bisa membuat Aplikasi Android untuk Smart Tv ,Perangkat Wearable ,Seperti Jam dan Google Glass. Jika sudah kita pilih Next. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
5.utuk tahapan yang selanjut nya sobat semua bisa memilih jenis Empty activty yang akan sobat gunakan, disini saya memilih jenis empty activty. untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini :
6. Setelah itu klik next ===>  maka akan muncul jendela configure actyvity ===> finish  untuk lebih jelas nya lihat pada gambar di bawah ini:
ketika setelah dipilih finish maka terbentuk lah sebuah form untuk pembuatan aplikasi yang dimana didLam nya terdapat folder-folder untuk menyusun strukturr aplikasi. lihat pada gambar di bawah ini.
Pada gambar diatas ..  terdapat beberapa folder yang berfungsi untuk membentuk aplikasi.
a. manifest: foldernya berisi Android Manifest.xml yang berfungsi untuk menyimpan registrasi tiap-tiap activity di Aplikasi Android.
b. java: berisi kumpulan source code pengembangan pemrograman  berbasis java di Android Studio ,terdapat 2 folder yang satu folder inti source code Aplikasi ,yang satunya lagi berisi folder java test.
c. res : berisi kumpulan file resource untuk tampilan dan user interface Aplikasi kita. dan mempunyai format .xml dan berisi folder drawable yang berguna untuk menyimpan gambar berformat jpg atau png. dan layout untuk tampilan. dan menu untuk tampilan menu dan values untuk menyimpan tampilan tiap kata atau kalimat.
d. Gradle Script adalah tempat untuk menyimpan Build tools, yang di pakai Android Studio.

Nah untuk pembuatan  aplikasi menampilkan Hello Word di Android Studio telah selesai. sekarang sobat coba run dengan memilih icon segitiga . setelah itu akan keluar jendela Select Deploynnent target. disini sobat di arah kan untuk memilih jenis emulator yang akan di gunakan untuk menjalnkan aplikasi yang kita buat tadi. untuk lebih jelasnha bisa di lihat pada gambar di bawah ini:
Setelah itu tinggal pilih ok .. maka sobat tinngal tunggu proses nya, sambil menunggu proses nya berjalan sobat bisa sambil minum kopi. ketika proses run selesai maka hasil nya akan akan seperti gambar di bawah ini:
ok deh untuk proses menampilkan Hello word sudah selesai...  sampai disini..  semoga artikel ini bisa bermanfaat.. khusus nya buat penulis. umum nya buat pembaca .. 

Related : Membuat Hello Word di Android Studio

0 Komentar untuk "Membuat Hello Word di Android Studio"